Tahun ini, “punya rumah sendiri” jadi urutan teratas resolusi Anda. Setelah mantap memutuskan membeli rumah, ada banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mulai berburu rumah impian. Selain anggaran dan lokasi, berikut faktor-faktor yang juga perlu Anda pertimbangkan saat mulai survei untuk rumah pertama.

Nyaman untuk semua anggota keluarga
Pastikan lokasi hunian Anda memiliki fasilitas pendukung aktivitas Anda dan keluarga, mulai dari sekolah, rumah sakit, pusat bisnis, food court, hingga pusat perbelanjaan. Coba berkeliling lingkungan sekitar calon rumah  Anda, apakah punya ruang terbuka yang memadai dan akses cepat ke pusat kota.

Posisi rumah dan kebersihan lingkungan sekitar 
Rumah menghadap timur bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan pencahayaan yang baik saat pagi hari. Selain mengecek lokasi, lakukan juga pengecekan sanitasi dan sistem pembuangan sampah di lingkungan rumah Anda.

Kondisi rumah
Periksa kondisi dasar bangunan, mulai dari dinding, atap, hingga saluran pembuangan. Jangan ragu bertanya pada pemilik rumah sebelumnya atau agen properti Anda.

Denah fungsional
Perhatikan denah rumah apakah sudah cocok dengan kebutuhan dan aktivitas keluarga Anda. Renovasi mungkin akan perlu di masa depan. Namun pastikan saat Anda menempatinya, rumah bisa memberikan ruang tumbuh dan berkembang bagi setiap anggota keluarga.

Ketenangan lingkungan
Lakukan survei rumah pada waktu yang berbeda, di pagi dan malam hari. Tujuannya agar Anda bisa memperkirakan tingkat kebisingan atau pencahayaan yang berbeda dalam waktu satu hari, terutama jika Anda mempunyai anak yang masih bayi atau balita.

Langkah terakhir saat melakukan survei rumah adalah perbandingan. Mintalah saran kepada keluarga dan teman terhadap rumah atau properti yang akan dibeli sebagai bahan perbandingan. Dengarkan seluruh saran yang Anda dapatkan, pilih yang sesuai kebutuhan keluarga agar Anda dapat memutuskan mana rumah yang terbaik. Yang terpenting, percaya kata hati Anda.

Happy house-hunting!

×